IBX5AE02DED33218

Kenapa Bayi Butuh Imunisasi Bcg? Yuk Cek Infonya Disini

Imunisasi BCG merupakan salah satu imunisasi yang saat ini wajib diberikan kepada bayi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Ternyata fungsi dari imunisasi BCG ini sendiri untuk mencegah penyakit tuberculosis (TBC) yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan TB.

BCG merupakan kepanjangan dari Bacillus Calmette-Guerin, dan pemberian imunisasi BCG ini dilakukan pada semua bayi yang ada di Indonesia. Dan sangat dianjurkan diberikan sebelum bayi berumur 3 bulan tentunya.

Bayi Butuh Imunisasi Bcg

Lalu sebenarnya apa saja sih alasan kenapa bayi butuh imunisasi BCG? Adakah efek sampingnya? Yuk langsung saja cek informasi nya lebih lengkap tentang imunisasi BCG berikut ini:

Mencegah Penyakit Tuberkulosis
Hal pertama yang perlu anda tahu adalah bayi yang belum diberi imunisasi biasanya rentan terkena banyak penyakit. Karena itulah vaksin BCG ini akan membuat bayi anda sehat, karena vaksin ini terbuat dari bakteri tuberculosis yang telah dilemahkan sehingga tidak akan menyebabkan si penerima vaksin mengalami TB.

Bakteri yang digunakan sendiri adalah Mycobacterium bovine yang sangat mirip dengan bakteri tuberculosis pada manusia. Pemberian vaksin ini bisa memicu sistem imun untuk menghasilkan sel-sel yang bisa melindungi mereka dari penyakit TBC.

Efek Samping Imunisasi BCG
Setelah mendapatkan imunisasi BCG, anda tidak perlu panic jika muncul seperti luka melepuh pada area yang disuntik. Tidak jarang luka tersebut akan terasa sakit selama beberapa hari.

Setelah 2-6 minggu, titik yang disuntik akan membesar hingga berukuran 1 cm, dan mengeras karena cairan yang ada di permukaan nya mengering. Kemudian akan memberikan bekas luka kecil, tetapi sebagian orang yang mengalami bekas luka yang lebih berat.

Tapi umumnya bekas dari imunisasi BCG ini akan sembuh setelah beberapa minggu dari suntikan yang diberikan.

BCG sendiri sangatlah jarang menimbulkan efek samping seperti alergi anafilaktik, tetapi akan lebih baik untuk mencegahnya agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan ketika timbul alergi. Untuk mewaspadai efek samping yang bahay, imunisasi BCG ini harus dilakukan oleh dokter maupun pertugas yang memang mengetahui bagaimana penanganan alergi yang tepat dan aman.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Imunisasi BCG
Dosis pemberian imunisasi BCG ini sebanyak 0.05 ml untuk bayi yang usianya satu tahun, dan umumnya penyuntikan imunisasi BCG dilakukan pada lengan bagian atas. Lengan bagian tersebut tidak boleh diberikan imunisasi lain, minimal selama 3 bulan lamanya.

Meskipun imunisasi BCG ini tergolong wajib, tetapi ada beberapa kondisi bayi yang membuat mereka perlu menunda imunisasi BCG ini, seperti:

•    Demam tinggi
•    Infeksi kulit
•    HIV positif dan belum mendapatkan penanganan
•    Pengobatan kanker dan kondisi lain yang membuat sistem imun nya melemah
•    Mengalami reaksi anafilaktik terhadap imunisasi BCG ini
•    Pernah terkena tuberculosis atau tinggal serumah dengan orang yang menderita tuberculosis

Imunisasi BCG ini adalah tindakan yang sangat penting untuk melindungi kesehatan bayi, tetapi ada yang perlu diperhatikan juga pada kondisi bayi sebelum melakukan imunisasi BCG. Jika perlu, anda harus berkonsultasi lebih dulu dengan dokter anak agar bayi anda aman dalam menjalani imunisasi BCG.

Bayi yang sangat rentan terhadap hal-hal buruk diluar sana perlu imunisasi, tetapi anda harus tahu kondisinya lebih dulu. Karena itulah sebaiknya anda melakukan imunisasi BCG setelah berkonsultasi dengan dokter dan harap melakukan imunisasi BCG di saat umur 3 nya belum banyak agar tidak terlambat untuk imunisasi BCG nya, terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment