IBX5AE02DED33218

Ingin Mengetahui Masa Subur Anda? Hitung Mudah dengan Cara Ini!

Setiap wanita mempunyai masa kesuburan yang berbeda, ini tentu saja berimbas pada cepat atau tidaknya kehamilan yang telah direncanakan. Masa suburnya sendiri dipengaruhi oleh siklus menstruasi yang terjadi setiap bulannya. Perhitungan tersebut dimulai sejak awal atau hari pertama haid kemudian ke periode haid berikutnya. Bisanya masa tersebut berlangsung selama 21-35 hari dari masa haid berlangsung. Pemahaman mengenai ini sangat penting sekali bagi seorang wanita, dimana akan berimbas pada beberapa hal seperti kesehatan dan juga rencana kehamilan yang akan dijalankan.


Kalender Masa Subur

Baik wanita yang sudah menikah ataupun yang sudah mempunyai aktivitas seksual yang tinggi, tentu perlu paham kapan masa subur dan tidaknya. Masa subur sendiri merupakan salah satu moment dimana sel telur mulai keluar dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Nah, bagi Anda yang merencanakan kehamilan dalam waktu yang cepat tentu perlu paham akan hal ini. Dengan mengetahui masa subur, pasangan bisa memaksimalkan hubungan seksualnya untuk mendapatkan hasil yang seperti diinginkan.

Untuk mengetahui masa subur, tentu saja Anda harus paham masa menstruasi setiap periodenya. Bisa dikatakan teratur atau lancar ketika siklus sama setiap periode, untuk mengetahui hal ini tentu perlu untuk melakukan pencatatan. Nah, cara menghitung siklus tersebut bisa melalui beberapa tahap berikut ini:

1.    Hitung dari pertama kali menstruasi Anda terjadi, ini dalam satu bulan hingga pada bulan berikutnya. Misalnya saja Anda mulai pada bulan januari tanggal 1, lalu untuk bulan februari bisa dihitung dari tanggal awal bulan tersebut. Rentang waktu itulah yang akan menjadi patokan dalam perhitungan.
2.    Jika sudah menemukan siklus menstruasi, Anda bisa paham apakah ikut dalam siklus terpendek ataupun terpanjang. Untuk siklus yang terpendek sendiri umumnya 28 hari lalu kurangkan 18, masa itulah dikatakan masa subur.
3.    Lalu melalui siklus yang terpanjang dengan mengurangkan angka 11, misalnya saja 32 lalu kurang 11. Nah, hasil dari pengurangan itulah yang dapat dijadikan acuan sebagai masa subur Anda.
4.    Untuk mendapatkan buah hati dalam waktu dekat, ada baiknya Anda manfaatkan secara maksimal masa subur tersebut untuk melakukan hubungan seksual yang lebih intens lagi. Jadi perlu untuk Anda perhatikan dengan baik, pastikan Anda melakukan perhitungan secara akurat.

Selain dari masa subur yang dipengaruhi oleh siklus menstruasi, pada dasarnya ovulasi yang terjadi pada seorang wanita sendiri bisa dipengaruhi oleh beberapa hal lain seperti faktor stress, kondisi medis, penggunaan obat tertentu dan beberapa hal lainnya. Jika sudah demikian, sekalipun menggunakan kalender perhitungan memprediksi masa subur atau ovulasi pada wanita bisa saja hasilnya tidak akurat. Makanya untuk itu harus lebih teliti dan dengan metode yang tepat dalam perhitungannya.

0 komentar:

Post a Comment